Tips, Profil, Obat, Sakit

Resiko Hernia Pada Pemain Sepakbola

Selain penyakit jantung dan alzheimer, ada satu penyakit kerap mengancam karir para pemain sepakbola profesional. Hernia, penyakit yang satu ini kerap kita kenal dengan istilah turun berok. Penyakit hernia ini biasa menyerang bagian bawah perut (berok). Meskipun dapat menyerang siapa saja, pria lebih beresiko mengalami hernia.

Dalam dunia olahraga khususnya sepakbola, istilah turun berok akrab disebut Athletic Publagia atau Sport Hernia. Penelitian menemukan bahwa sekitar 5-20% pemain sepakbola profesional mengalami masalah penyakit yang satu ini. Meski merupakan penyakit yang sama, hernia biasa dan sport hernia ternyata memiliki perbedaan dalam penyebabnya.

Dalam sepakbola, sudah banyak contoh pemain yang menjadi korban penyakit yang satu ini. Bahkan sport hernia ini telah mengancam karir salah satu pemain terbaik dunia, Ricardo ‘Kaka’ Izecson. Bahkan sport hernia ini disinyalir menjadi penyebab menurunnya performa Kaka sejak bergabung bersama Real Madrid.

Apakah Hernia Itu?

Mengenali gejala hernia
Mengenali gejala hernia

Secara umum, masyarakat menganggap penyakit hernia sebagai turun berok, that’s it. Namun ternyata secara medis ada pengertian lebih mendetilnya. Menurut medis, Hernia adalah penyakit akibat turunnya buah zakar akibat dari melemahnya lapisan otot dinding perut. Memang kebanyakan penderita hernia adalah laki-laki karena secara anatomi lebih beresiko.

Hernia adalah tonjolan abnormal pada dinding perut atau panggul, yang terkadang berisi organ-organ lain seperti usus besar. Sederhananya, Hernia bisa diartikan sebagai kondisi ketika usus melorot melalui lubang locus minoris. Dan jika ada tekanan besar yang terjadi, maka usus bisa keluar lewat lubang locus munoris tersebut.

Penyakit hernia ini banyak menyerang orang-orang  di daerah perkotaan. Ini disebabkan karena aktivitas yang padat dan memerlukan stamina yang tinggi. Para penderita hernia biasanya akan merasa nyeri jika sudahterjadi infeksi di dalamnya. Selain karena penyebab eksternal, ternyata hernia juga bisa terjadi karena bawaan lahir dan in biasa terjadi pada anak-anak.

Penyebab dan Cara Menangani Penyakit Hernia

Operasi sebagai salah satu cara menyembuhkan hernia
Operasi sebagai salah satu cara menyembuhkan hernia

Penyakit Hernia ini memang terkadang sulit untuk dideteksi. Bisa saja saat ini kita merasa sehat-sehat saja, namun besoknya bisa saja tiba-tiba hernia menyerang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, dan berikut adalah faktor pemicu terjadinya penyakit hernia (turun berok):

  • Konstipasi
    Penyakit konstipasi yang membuat penderita harus mengejang akan memicu penyakit hernia.
  • Kehamilan
    Bertambahnya tekanan dalam perut bisa juga menjadi pemicu hernia.
  • Berat Badan Naik
    Kenaikan berat badan yang secara tiba-tiba juga akan membuat shock rongga perut.
  • Mengangkat Beban Berat
    Mengangkat beban yang terlalu berat juga dapat meningkatkan resiko hernia.
  • Obesitas
    Secara logika, seseorang yang mengalami kelebhan berat badan/obesitas akan memiliki tekanan yang lebih besar di perut.
  • Batuk Berkepanjangan
    Ketika seseorang menderita penyakit batuk yang tidak berkesudahan, terkadang rasa nyeri disekitar zakar kerap terasa ketika batuk.

Hernia termasuk penyakit yang agak sulit untuk dilihat gejalanya. Pemeriksaan gejala hernia biasanya dilakukan dengan menggunakan USG. Dalam proses USG, gelombang suara berfrekuensi tinggi akan digunakan sehingga kelainan apapun (termasuk hernia) yang ada dalam tubuh bisa langsung terlihat.

Penyakit hernia ini seringkali dianggap sepele oleh banyak orang karena jarang memiliki gejala. Namun perlu kita semua ketahui, hernia juga dapat mengakibatkan gangguan usus atau terhambatnya aliran darah pada jaringan hernia yang terjepit. Anda dianjurkan untuk segera ke rumah sakit jika mengalami kedua komplikasi di atas.

Dokter pada umumnya akan menganjurkan para penderita hernia untuk menjalani operasi. Meski demikian, ada juga jenis hernia yang tidak membutuhkan operasi, seperti Hernia umbilikus. Jenis hernia yanng satu ini ternyata bisa sembuh sendiri tanpa memerlukan operasi. Selain itu, dalam beberapa kasus hernia hiatus ternyata bisa ditangani dengan obat-obatan.

© 2017 Ewma2013 Sepakbola dan Kesehatan All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.