Tips, Profil, Obat, Sakit
Marc Vivien Foe yang tergeletak saat sedang bertanding

Penyakit Jantung Merenggut Nyawa Pesepakbola

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mengancam hidup para pesepakbola. Sebut saja Miklos Feher, Eri Irianto, Antonio Puerta, Piermario Morosini hingga kematian Marc Vivien Foe. Kematian Foe cukup menghebohkan kala itu, sebab dirinya berpulang saat sedang menjalani laga semifinal Piala Konfederasi antara Kamerun kontra Kolombia, pada 26 Juni 2003 silam.

Kala itu pertandingan telah memasuki menit ke-72 dan tiba-tiba saja Foe tergeletak di atas lapangan Stade De Gerland. Pertandingan pun segera dihentikan dan tim medis segera melakukan pertolongan pertama. Namun ternyata Tuhan ternyata berkata lain, usaha medis untuk menyelamatkan Foe pun tidak berhasil.

Kematian Marc Vivien Foe ini diduga lantaran sang pemain mengidap penyakit hypertrophic cardiomyopathy, yaitu merupakan salah satu penyakit yang menyerang jantung. Tim nasional Kamerun sendiri pun akhirnya finish di peringkat kedua usai menyerah dari Prancis di babak final. Namun mereka tidak melakukan perayaan sama sekali sebab semua pemain berduka atas kepergian Foe.

Waspadai Tanda Serangan Jantung

Kenali tanda-tanda penyakit jantung
Kenali tanda-tanda penyakit jantung

Serangan jantung memang kerap menyerang sang pengidap secara tiba-tiba, namun bukan berarti tanda-tandanya tidak bisa dikenali. Dengan mengetahui tanda-tanda seseorang mengidap penyakit jantung, maka akan menjadi lebih mudah bagi kita untuk melakukan pertolongan pertama saat terjadi serangan jantung. Berikut adalah tanda-tanda yang perlu diwaspadai:

  • Sakit pada wilayah sekitar dada bagian kiri yang disebabkan kurangnya pasokan oksigen ke jantung
  • Kerap kali merasakan lelah dan penat tanpa alasan yang disebabkan oeh kurangnya suplai oksigen dalam tubuh
  • Sulit untuk bernapas ketika sedang berbaring atau tidur yang disebabkan oleh ketidakmampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh
  • Menurunnya nafsu makan secara drastis yang disebabkan berkumpulnya cairan dalam hati dan sistem pencernaan
  • Meningkatknya intensitas untuk buang air kecil secara drastis lebih dari biasanya

Pertolongan Pertama Kepada Penderita Serangan Jantung

Pertolongan pertama pada penderita serangan jantung
Pertolongan pertama pada penderita serangan jantung

Apabila anda sedang dihadapkan dalam situasi dimana ada seseorang yang menderita penyakit jantung, maka anda perlu mengetahui beberapa teknik untuk pertolongan pertama. Ini bertujuan untuk memberikan pertolongan secepatnya sebelum bantuan medis benar-benar tiba. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tenangkan Penderita
    Apabila penderita berada dalam keadaan berdiri maka segera cari dan berikan tempat duduk. Coba untuk menenangkan penderita serangan jantung agar tidak terlalu panik sebab hanya akan memperburuk kondisi. Dan  sebagai orang yang pertama kali menolong, anda juga tidak boleh panik dan harus tetap tenang.
  • Longgarkan Pakaian
    Lepas beberapa kancing baju dan ikat pinggang sehingga penderita akan merasa lebih nyaman dan bisa bernapas dengan baik. Coba untuk membantu penderita untuk mengatur nafas semacam memberiinstruksi untuk menarik dan membuang nafas. Terus perhatikan kondisi penderita apabila terlihat melemah atau menunjukkan tanda kehilangan kesadaran.
  • Tanyakan Obat yang Dibawa Penderita
    Jika orang yang Anda tolong memang sudah menderita penyakit jantung, maka biasanya mereka membawa obat untuk mengatasi serangan. Tanyakan kepada penderita apakah obat tersebut dibawa atau tidak. Jika dibawa maka segera cari dan berikan dengan air minum. Jika tidak maka segera hubungi tim medis darurat atau bisa menghubungi keluarga terdekat penderita serangan jantung.
  • Lakukan CPR jika Penderita Kehilangan Kesadaran
    Jika penderita serangan jantung kehilangan kesadaran maka Anda bisa melakukan CPR. Anda bisa berusaha untuk memberikan nafas bantuan dengan beberapa hitungan dan diselingi dengan penekanan pada bagian dada. Sebelum itu, harus segera meminta bantuan medis dan mengatakan kondisi yang dialami oleh penderita

© 2017 Ewma2013 Sepakbola dan Kesehatan All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.