Tips, Profil, Obat, Sakit

Penyakit dan Pemain Sepakbola Profesional

Penyakit tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, tidak terkecuali bagi para pemain sepakbola. Meskipun terbiasa menjalani pola hidup dan makan sehat, ternyata banyak juga para pemain yang mengidap penyakit. Ada yang merupakan penyakit bawaan, namun ada juga yang terjangkit karena faktor tertentu.

Biasanya para pemain sepakbola profesional mengidap penyakit yang tidak jauh dari masalah kardiovaskular ataupun neuro dan muskular (syaraf dan otot). Akan tetapi, selama beberapa dekade terakhir tercatat ada juga penyakit mematikan semacam kanker dan penyakit komplikasi lainnya.

Dalam beberapa kasus, jenis penyakit tertentu yang diderita oleh para pemain sepakbola profesional ini ada yang sampai merenggut nyawa sang pemain. Namun bukan berarti tidak ada yang berhasil sembuh dari penyakit tersebut. Malah tercatat cukup banyak pemain yang berhasil survive dari penyakit yang dideritanya tersebut.

Penyakit Langganan Pemain Sepakbola

Nwankwo Kanu saat mendapat kesempatan kedua oleh Arsene Wenger
Nwankwo Kanu saat mendapat kesempatan kedua oleh Arsene Wenger

Dari sekian banyak penyakit yang kerap diderita para pemain sepakbola profesional, rupanya ada dua penyakit yang paling sering mengancam para pemain, yaitu penyakit jantung dan alzheimer. Dalam artikelnya yang diberi judul “Heart attack risks are greater for athletes who compete in endurance sports” , Owen Anderson menyebutkan bahwa pemain bola sangat rentan terserang penyakit jantung.

Menurut Owen, sepakbola merupakan olahraga yang membutuhkan mobilitas tinggi. Sehingga tentu saja ini membuat pemain dituntut untuk mengeluarkan energi lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh intensitas latihan dan pertandingan yang cukup tinggi.

Penyakit lainnya yang berpotensi menyerang pesepakbola adalah Alzheimer. Sebenarnya ini lebih sering diderita oleh petinju, namun bukan berarti pesepakbola bebas dari resiko Alzheimer. Benturan saat duel udara, menghalau atau menyundul bola sangat beresiko merusak syaraf di kepala. dan apabila kondisi itu terjadi terus-menerus dalam waktu lama bisa merusak sistem saraf, khususnya yang mengatur motorik.

Daftar Pemain Bola Yang Mengidap Penyakit

Eric Abidal yang sempat menderita tumor liver
Eric Abidal yang sempat menderita tumor liver
  • Francesco Acerbi
    Acerbi ternyata telah berhasil sembuh dari kanker testis sebanyak dua kali. Lewat sejumlah terapi yang dijalani, kini akhirnya Acerbi sudah resmi terbebas dari penyakit mematikan tersebut dan dinyataakan siap untuk kembali ke lapangan hijau.
  • Nwankuo Kanu
    Kanu divonis menderita penyakit jantung saat dirinya melakukan pemeriksaan medis di Inter Milan. Adalah sosok Arsene Wenger yang memberikan Kanu kesempatan kedua dan kesempatan untuk bermain secara profesional di Arsenal.
  • Darren Fletcher
    Pemain yang menghabiskan karirnya di Manchester United ini ternyata mengidap penyakit kanker usus. Pada 2011, Darren Fletcher didiagnosa menderita kanker usus. Akibatnya ia harus menjalani berbagai terapi yang membuatnya harus absen dari dunia sepak bola selama kurang lebih dua tahun.
  • Lionel Messi
    Siapa sangka ternyata saat kecil Messi mengidap penyakit kelainan hormon yang menghambat pertumbuhannya. Menyerah atas biaya pengobatan yang terlampau mahal, keluarga pun menyerahkan Messi kepada Barcelona. Klub pun merekrut dan membiayai pengobatannya secara gratis. Dan hasilnya kini Messi berhasil menyumbangkan sejumlah trofi untuk Blaugrana.
  • Stiliyan Petrov
    Pada tahun 2012, Stiliyan Petrov didiagnosa menderita penyakit mematikan, Leukimia. Berkat perjuangan pantang menyerah, Petrov sukses menyembuhkan dirinya, namun memutuskan pensiun pada Mei 2013.
  • Eric Abidal
    Abidal divonis menderita penyakit tumor liver pada tahun 2011 dan memaksanya untuk menjalani operasi. Pada tahun 2012 Abidal diharuskan menerima transplantasi liver akibat bermasalahnya organ dalamnya tersebut usai menjalani operasi.
  • Ivan Klasnic
    Ivan Klasnic adalah pesepakbola pertama yang mampu melakukan comeback usai menerima transplantasi organ. Sesudah operasi Klasnic masih terus bermain bagi Bolton Wanderers sebelum mengakhiri karirnya bersama Mainz 05.

© 2017 Ewma2013 Sepakbola dan Kesehatan All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.