Tips Judi Bola, Profil, Obat, Sakit

Ancaman Penyakit Pasca Pensiun Pemain Sepakbola

Fisik menjadi modal utama pemain sepakbola dalam melakukan pekerjaannya. Tingginya frekuensi latihan dan pertandingan yang dijalani setiap pemain tentu sedikit banyak membebani mereka. Sebuah hasil riset bahkan dikeluarkan oleh EUFA Elite Club Injury Study EWMA 2014 bahwa pemain dalam suatu klub di Liga Eropa melakukan total 213 sesi latihan dan 59 pertandingan tiap musimnya.

Hal ini sangat menggambarkan betapa tingginya resiko pemain mengalami non-contact injury atau cedera tanpa kontak fisik secara langsung. Cedera ini salah satunya disebabkan oleh overuse atau penggunaan suatu bagian tubuh tertentu secara berlebih. Dan fakta yang lebih mengkhawatirkan lagi yaitu fakta bahwa resiko cedera ini justru meningkat saat pemain memasuki masa pensiun.

Penyakit tersebut yang menghantui pesepak bola setelah mereka pensiun tersebut bernama Osteoarthritis. Osteoarthritis menyerang bagian tulang dan sendi yang bersifat weight-bearing atau menopang sebagian besar beban tubuh. Engkel, lutut dan panggul adalah contoh bagian sendi yang kerap menjadi korban osteoarthritis pada atlet sepakbola yang telah memasuki masa pensiun.

Osteoarthritis, Penyakit Yang Menyerang Mantan Pesepakbola

Mantan pemain sepakbola lebih beresiko mengalami Osteoarthritis
Mantan pemain sepakbola lebih beresiko mengalami Osteoarthritis

Asal kata Osteoarthritis berasal osteo yang berarti tulang, arth yang berarti sendi dan itis yang berarti radang. Secara harfiah dapat diartikan bahwa Osteoarthritis merupakan peradangan pada tulang dan sendi. Osteoarthritis sendiri mempunyai ciri khusus dan tidak menyerang semua tulang dan sendi. Bagian tulang dan sendi yang paling sering terserang penyakit ini adalah tulang dan sendi yang bersifat weight-bearing atau menopang beban tubuh secara dominan, contohnya engkel, lutut dan panggul.

Pernah diadakan sebuah penelitian untuk mengetahui seberapa besar resiko Osteosrthritis menyerang mantan atlet sepakbola. Dalam rentang waktu 12 tahun (2000-2012) penelitian yang diberi judul ‘Knee and Ankle Osteoarthritis in Former Elite Soccer Players’ digelar. Dan hasilnya cukup mengejutkan, penelitian tersebut menunjukkan bahwa 60% pensiunan atlet sepak bola beresiko terkena Osteoarthritis. Sangat tinggi jika dibandingkan dengan orang yang bukan mantan atlet yang hanya sekitar 10-25%.

Selain itu, dr. Luthfi Hidayat SP. OT menjelaskan bahwa mekanisme terjadinya osteoarthritis masih belum jelas. Masih belum ada batasan pasti kapan seorang pemain dikategorikan mengalami overuse. Diduga overuse terjadi apabila seorang atlet sepakbola megalami latihan berlebihan atau overtraining. Tanda seseorang mengalami overtraining bisa dilihat dengan munculnya Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) atau nyeri otot yang timbul beberapa jam setelah mengalami latihan.

Pengaruh dari Osteoarthritis Bagi Mantan Pesepakbola

Diego Maradona yang mengalami obesitas usai dirinya pensiun dari dunia sepakbola
Diego Maradona yang mengalami obesitas usai dirinya pensiun dari dunia sepakbola

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Sundul berita bola berjudul Impact of Sports on Health of Former Professional Soccer Players in Brazil meneliti 100 eks pesepak bola profesional. Dan hasilnya cukup mengejutkan, penelitian tersebut membuktikan bahwa 78% dari manta atlet yang mengalami osteoarthritis ternyata juga mengalami kelebihan berat badan dan 4% mengalami obesitas.

Ini semua ada kaitannya dengan intensitas latihan yang sangat tinggi saat masih menjalani karir sebagai profesional, yaitu mencapai 213 kali per musim atau 20 kali per bulan. Ketika mereka pensiun, otomatis aktifitas fisik menjadi jauh berkurang dari biasanya. Tidak ada lagi latihan dalam intensitas yang tinggi dan tidak ada lagi ahli gizi yang mengatur pola makan mereka.

Oleh karena itu tidak heran jika pesepakbola profesional akan mengalami kenaikan berat badansecara drastis ketika mereka pensiun. Ini semua lebih kepada kondisi psikologis mereka, dimana ketika dulu mereka merasa bisa  melakukan aktivitas berat, kini akibat osteoarthritis mereka tidak bisa berbuat banyak. Akibatnya dari alasan-alasan tersebut semakin membuat para pemain menjadi malas untuk bergerak.

Marc Vivien Foe yang tergeletak saat sedang bertanding

© 2017 Ewma2013 Agen Sepakbola Terpercaya dan Kesehatan All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.