Tips, Profil, Obat, Sakit

Benarkah Gotze Menderita Penyakit Langka?

Mario Gotze, talenta muda asal Jerman yang satu ini memang jarang masuk dalam pemberitaan karena kontroversinya. Pemberitaan yang masih segar dalam ingatan tentang Gotze adalah ketika dirinya menjadi pahlawan Der Panzer pada Piala Dunia 2014 dan keputusan mengejutkanya meninggalkan Borussia Dortmund dan bergabung dengan Bayern Munchen.

Tapi siapa sangka, dibalik sepi nya pemberitaan tentang Gotze ternyata ada hal yang cukup mengejutkan tentang pria berusia 24 tahun ini. Belum lama ini, diberitakan bahwa Mario Gotze ternyata mengidap penyakit langka yang sangat mungkin untuk membuat Gotze mengakhiri karirnya sebagai pemain sepakbola profesional lebih cepat dari yang direncanakan.

Adalah Miopati (Myopathy), nama penyakit yang menyerang mantan punggawa Borussia Dortmund tersebut. Begitu bahaya kah Myopathy sehingga dikatakan mampu mengakhiri karir sepakbola Gotze lebih cepat? Apa sebenarnya Myopathy itu? Simak artikel di bawah ini untuk penjelasam selengkapnya tentang Mario Gotze dan penyakit Myopathy yang mengancam karirnya tersebut.

Apa Itu Myopathy?

Gotze didiagnosa menderita penyakit Myopathy
Gotze didiagnosa menderita penyakit Myopathy

Mungkin sebagian besar dari kita masih banyak yang belum mengetahui secara jelas apa itu Myopathy. Menurut kamus kedokteran, Myopathy/Miopati adalah penyakit otot di mana serabut otot tidak dapat berfungsi normal. Hal ini mengakibatkan otot seseorang mengalami kelemahan atau kelumpuhan. Namun bisa juga terjadi keadaan sebaliknya dimana otot mengalami kekakuan, kram, atau tegang.

Penyebab Myopathy itu sendiri diklasifikasikan ke dalam dua macam, yang pertama yaitu karena bawaan dan yang kedua karena dapatan. Yang dimaksud dengan Myopahthy bawaan adalah memang sudah ada dalam gen seseorang sejak mereka dilahirkan. Sedangkan Myopathy dapatan yaitu yang terjadi karena efek dari faktor eksternal seperti gangguan saraf, infeksi ataupun racun.

Contoh kasus Myopathy akibat gangguan saraf bisa kita temukan pada penyakit polio atau penyakit stroke. Sementara itu, myopathy akibat efek racun salah satunya adalah penyakit tetanus. Cara kerjanya adalah bakteri tetanus akan mengeluarkan racun yang menyebabkan seseorang mengalami kejang otot yang berkepanjangan.

Gejala Myopathy sendiri cukup bervariasi, namun secara umum dapat terlihat dari otot yang mengalami kelumpuhan, melemah, mengecil ataupun bisa juga dengan nyeri, bengkak, atau kram. Semua memiliki ciri-ciri tersendiri tergantung jenis Myopathy yang menyerang . Terkadang penderita Myopathy bahkan bisa jatuh lemas tanpa alasan saat sedang beraktivitas.

Gotze Absen Hingga Waktu Yang Tak Ditentukan

Gotze dipastikan akan absen dalam waktu yang tidak bisa ditentukan
Gotze dipastikan akan absen dalam waktu yang tidak bisa ditentukan

Kabar tentang penyakit Mario Gotze ini sebenarnya mulai beredar cukup lama. Sejak memutuskan untuk kembali memperkuat Borussia Dortmund, performa Gotze memang terlihat menurun cukup drastis. Penyerang berkebangsaan Jerman tersebut hanya mampu mencatat sembilan caps bersama Dortmund sejak dirinya memutuskan untuk meninggalkan Bayern Muenchen.

“Kami melakukan penyelidikan untuk mencari tahu penyebab Goetze menderita cedera otot secara terus menerus. Hasil dari investigasinya adalah Goetze mengalami gangguang metabolik rendering dan saat ini Goetze harus benar-benar diistirahatkan,” ungkap pihak Dortmund ketika melakukan konferensi pers dengan media setempat.

Pihak klub telah mengklarifikasi masalah penyakit Gotze yang ternyata adalah gangguan sistem metabolik. Pada awalnya Gotze hanya didiagnosa mengalami gangguan pada otot di bagian tubuhnya. Oleh sebab itulah, sang pemain dinyatakan menderita cedera dan diklaim tidak akan bisa bermain dalam batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

“Saat ini dia (Gotze) tengah menjalani perawatan dan akan melakukan segalanya demi kesembuhannya. Dia hanya ingin membantu tim mencapai apa yang telah menjadi tujuan bersama,” lanjut pihak Dortmund menutup klarifikasi tentang penyakit yang diderita Mario Gotze.

 

 

© 2017 Ewma2013 Sepakbola dan Kesehatan All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.