Tips, Profil, Obat, Sakit

Bagaimana Cara Penyembuhan Patah Tulang

Permainan sepakbola tidak pernah lepas dari resiko cedera. Cedera dapat menyerang banyak organ tubuh baik itu otot, syaraf maupun tulang. Dalam hal ini cedera yang mengenai tulang bisa dianggap merupakan yang paling fatal dan paling mempengaruhi karir sang pemain. Sebab tidak semua pemain dapat kembali ke kondisi normal setelah mengalami patah tulang.

Patah tulang dapat disebabkan oleh banyak kondisi, Fraktur (english=fracture) adalah diskontinuitas tulang yang biasanya disebabkan oleh trauma. Yang paling sering terjadi adalah ketika terjadi benturan antara kedua pemain. Pemain yang menjadi korban biasanya memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dibanding yang tidak patah.

Dalam penanganan kasus patah tulang, haruslah dilakukan oleh tenaga ahli seperti dokter. Memang ada banyak cara pengobatan tradisional yang dinilai mampu menyembuhkan patah tulang. Namun khususnya untuk para atlet, hal tersebut tidaklah disarankan karena berpotensi membuat cedera akibat patah tulang menjadi lebih parah.

Tahap Penyembuhan Patah Tulang

Mengenal proses penyembuhan cedera
Mengenal proses penyembuhan cedera

Seperti hal nya cedera lain, patah tulang juga memiliki beberapa tahap dalam proses penyembuhannya. Oleh karena itu, biasanya dalam beberapa periode tertentu para penderita cedera patah tulang direkomendasikan untuk melakukan latihan ringan. Itu semua karena proses penyembuhannya yang bertahap, sehingga harus diseimbangkan antara proses pemulihan dan latihan agar bagian tubuh tidak lagi kaku.

  • Tahap 1
    Peradangan (inflammation). Ini kondisi dimana tulang yang patah akan menimbulkan perdarahan sekecil apapun itu dan membuat jaringan di sekitarnya meradang (bengkak, memerah, hangat dan terasa sakit). Tahap ini mulai terjadi saat kejadian patah tulang terjadi hingga sekitar 2-3 minggu.
  • Tahap 2
    Pembentukan kalus halus (soft callus). Pada tahap kedua penyembuhan patah tulang ini, rasa sakit mulai berkurang dan mulai terbentuk kalus yang halus diantara kedua ujung tulang yang patah. Ini merupakan awal dari penyambungan tulang namun kalus ini belum dapat terlihat lewat x-ray. Biasanya berlangsung sekitar 4 sampai 8 minggu setelah cedera.
  • Tahap 3
    Pembentukan kalus keras (hard callus). Kalus halus mulai mengeras dan dapat dilihat pada x-ray. Berlangsung pada 8 sampai 12 minggu setelah cedera. Pada tahap ini tulang baru telah mengisi fraktur/bagian tulang yang patah.
  • Tahap 4
    Remodeling tulang. Sisi fraktur mengalami remodeling dan memperbaiki setiap cacat yang mungkin tetap sebagai akibat dari cedera. Ini merupakan tahap akhir dari proses penyembuhan patah tulang dan dapat bertahan hingga beberapa tahun.

Tips Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang

Tips agar lebih cepat penyembuhan patah tulang
Tips agar lebih cepat penyembuhan patah tulang
  • Tingkatkan Asupan Kalsium
    Kalsium adalah nutrisi yang bertanggung jawab untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Klasium ini juga diserap oleh tubuh bersama dengan vitamin D. Kalsium ini bisa didapat dalam produk susu, sayuran dan bahkan dalam bentuk suplemen.
  • Minum Teh
    Minum setidaknya 5 cangkir teh, khususnya teh hijau. Teh hijau telah digunakan di Cina selama berabad-abad mengandung anti-oksidan yang tinggi yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Pemijatan
    Pemijatan bermanfaat bagi tubuh dalam banyak cara, diantaranya membantu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke seluruh tubuh. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah serta aliran nutrisi yang akan membantu sembuh lebih cepat.
  • Terapi Panas
    Pemanasan pada daerah tulang yang retak atau patah akan membantu meningkatkan aliran darah dan kemudian akan membantu dalam perbaikan tulang. Lakukan tiga kali sehari selama 30 menit.
  • Berhenti Merokok
    Perokok memiliki kepadatan mineral tulang yang kurang dibanding non-perokok. Studi juga menunjukkan bahwa perokok memiliki waktu rata-rata penyembuhan lebih lama karena merokok dapat mengganggu aliran darah.

© 2017 Ewma2013 Sepakbola dan Kesehatan All Rights Reserved   

Theme Smartpress by Level9themes.